Powered By Blogger

Jumat, 26 April 2019

PR dalam Membangun Citra Positif Perusahaan Melalui Program CSR

Hi guys, Welcome to my blog.
kali ini saya akan menjelaskan mengenai peran PR dalam membangun citra positif perusahaan melalu program CSR, Penasaran? yuk di simak :)

Sebelumnya saya akan menjelaskan mengenai : apa sih arti PR atau biasanya orang menyebutnya dengan Public Relation dan apa yang dimaksud dengan CSR?


     Public Relation (PR) menurut Jefkins (2003) adalah suatu bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan yang spesifik dan berlandaskan suatu pengertian. PR menggunakan metode manajemen berdasaran tujuan (management by objectives). Dalam mengejar suatu tujuan, semua hasil atau tingkat kemajuan yang telah dicapai harus bisa diukur secara jelas, mengingat PR merupakan kegiatan yang nyata. 

     Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa kepada anak-anak yang tidak mampu di daerah tersebut, serta hal-hal baik lainnya.

     Dalam hubungannya dengan CSR, PR adalah orang yang berperan dalam menjalin hubungan baik kepada masyarakat sehingga masyarakat akan menerima kebijakan-kebijakan perusahaan dengan baik, dimana hal ini sangat mempengaruhi suatu citra perusahaan. Dalam konteks pembentukan citra perusahaan PR memang sangat terlibat di dalamnya sejak fact finding, planning, communicating, hingga evaluation.

Contoh kasus

Kasus yang belum lama terjadi di Papua yang melibatkan PT. FREEPORT yang terkenal dengan potensi sumber daya alamnya. Disekitar area bertambangan yang mengalirkan jutaan Dollar perhari kehidupan masyarakat masih hidup miskin dan nyaris tak tersentuh perhatian perusahaan. Bahkan berbagai tindakan anarkis ditimpakan kepada mereka saat mengais sisa produksi di area pembuangan limbah. Ini seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi pemilik dan manajemen perusahaan untuk memberikan perhatian dan tanggung jawab yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya di sekitar lokasi perusahaan. Sebab kelangsungan suatu usaha tidak hanya ditentukan oleh tingkat keuntungan, tetapi juga tanggung jawab sosial perusahaan.

Source :
https://www.neliti.com/publications/23417/peran-public-relations-dalam-membangun-citra-perusahaan-melalui-program-corporat

https://ruangdosen.wordpress.com/2009/01/15/peran-pr-dalam-membangun-citra-perusahaan-melalui-program-csr/

http://farahchohan.blogspot.com/2013/03/peran-pr-dalam-membangun-citra.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar